Oktober Berkah! KPM PKH dan BPNT Auto Full Senyum, SP2D Bansos Telah Turun, Catat Tanggal Pencairannya Disini

BagiNews.id - Oktober 2023 ini merupakan bulan berkah bagi seluruh Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH dan BPNT. Pasalnya, hal yang sangat dinanti-nantikan yakni Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) telah resmi diterbitkan oleh Pemerintah RI.

Perlu kalian ketahui bahwa pada bulan Oktober 2023 ini ada banyak sekali bansos yang akan dicairkan oleh Pemerintah, dan ada salah satunya bansos yang telah resmi disalurkan mulai tanggal 7 Oktober hingga 13 Oktober 2023 mendatang. 

Tentu saja kabar proses pencairan bansos ini sudah sangat dinantikan oleh para KPM, dan hal yang dinantikan tersebut tidak lama akan terwujud. Lantas, bantuan sosial apa saj yang akan mulai disalurkan oleh pemerintah?

$ads={2}

Baca Juga: Wajib Tahu! Begini Cara Cek Daftar Penerima Bansos Pemerintah Beras 30 Kg dan Uang Tunai Rp750.000 Ribu

Sebagai informasi bahwa bantuan yang sudah disalurkan oleh pemerintah pada tanggal 7 Oktober hingga 13 Oktober 2023 adalah bantuan sembako 10 kg beras yang akan di terima KPM per bulannya.

Pada tahun ini, bantuan sembako pangan berupa beras telah disalurkan untuk tahap yang ke-2 yakni untuk alokasi bulan September, Oktober dan November 2023.

Secara keseluruhan para KPM akan menerima bantuan total 30 kilogram per 3 bulan yang terhitung mulai dari September hingga November 2023 nanti.

Baca Juga: Alhamdulillah! BLT Lansia Rp600 Ribu Sudah Cair, Buruan Klik Link Ini Cek Daftar Nama Penerima PKH Tahap 3 2023

Dan para penerima bantuan sosial ini adalah para anggota KPM yang juga menerima bansos PKH dan BPNT dari Pemerintah. 

Jadi para KPM ini selain menerima bantuan berupa uang tunai, KPM PKH dan BPNT juga berhak memperoleh bantuan dalam bentuk sembako berupa beras 10 kilogram per bulannya.

Pemerintah RI bekerjasama dengan Badan Pangan Nasional (Bapanas) dan Perum Bulog sudah menyiapkan total 640.000 ton beras yang siap dibagikan. 

Dan total ada sekitar 21,35 juta penerima yang nama sudah terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos RI. 

Untuk SP2D pencairan bantuan beras 10 kilogram ini telah resmi diterbitkan dan mulai pada tahap penyaluran yang akan mulai di minggu pertama bulan Oktober.

Nanum perlu kalian ketahui juga, bahwa setiap wilayah memiliki jadwal penyaluran masing-masing. Jadi tidak semua daerah akan menerima bantuan secara serentak namun secara bertahap.

Oleh sebab itu para KPM wajib bersabar dan menunggu jadwal pengambilan bantuan ini melalui kantor Pos maupun kantor kelurahan. 

Untuk pengambilan bantuan beras 10 kg ini akan difokuskan menyalurkannya melalui kantor Pos atau kantor kelurahan.

Saat pengambilan bantuan ini para KPM harus membawa dokumen penting berupa Kartu Keluarga  (KK) dan juga KTP. 

Sedangkan bantuan BPNT tahap 5 PKH tahap 4 untuk alokasi bulan September dan Oktober 2023 masih belum ada informasi akurat mengenai tanda-tanda proses pencairannya dalam waktu dekat ini.

Terpantau dari akun SIKS-NG pendamping Sosial, hingga kini belum ada update-an terbaru perihal penyaluran bantuan PKH tahap 4 dan BPNT tahap 5 untuk KPM yang proses cairnya melalui Bank Himbara.

Agar lebih mengetahui proses pencairan bantuan, para KPM bisa melakukan pengecekan di laman resmi Kemensos di cekbansos.kemensos.go.id, atau bertanya pada pendamping di daerah masing-masing.

Cara Cek Penerima PKH dan Bansos BPNT 2023 Secara Online 

• Silakan Kunjungi laman resmi Kemensos di: https://cekbansos.kemensos.go.id/.

• Kemudian pilih provinsi, kabupaten/kota, dan kecamatan sesuai dengan informasi di KTP.

• Masukkan nama sesuai yang tertera di KTP.

• Kemudian ketik 4 huruf kode yang tertera dalam kotak kode. Jika huruf kode kurang jelas, klik icon untuk mendapatkan huruf kode baru

• Klik tombol "CARI DATA"

Note : Setelah itu sistem Cek Bansos Kemensos secara otomatis akan mencari Nama PM (Penerima Manfaat) sesuai Wilayah yang Anda inputkan tadi.

Untuk bantuan daging ayam dan telur untuk alokasi bulan Oktober 2023 juga akan menyusul cair kepada Keluarga Rentan Stunting (KRS). Dimana bantuan yang akan diterima KPM berupa 1 kilogram daging ayam dan 10 butir telur per bulannya.***

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS