Begini Cara Cek Daftar Penerima BLT El Nino Rp400 Ribu, Apakah Nama Anda Terdaftar Atau Tidak?

BagiNews.id - Pada artikel ini kita akan membahas tentang cara mudah cek daftar penerima BLT  EL Nino Rp400 ribu, memastikan nama Anda terdaftar atau tidak.

Kabar gembira bagi para masyarakat Indonesia, yang dimana Pemerintah RI kembali akan memberikan bantuan langsung tunai (BLT) dengan tujuan membantu masyarakat yang saat ini terdampak fenomena El Nino pada bulan November dan Desember 2023.

Perlu diketahui bahwa BLT El Nino ini akan diberikan dengan besaran Rp200 ribu per bulan, jadi total uang yang akan diterima oleh masyarakat sebesar Rp400 ribu. BLT ini akan disalurkan oleh Kementerian Sosial (Kemensos).

Baca Juga: Alhamdulillah! Bansos PKH Tahap 4 dan BPNT Tahap 5 Akan Cair Serentak di Tanggal Ini, KPM Bisa Dapat Uang Dobel Gratis

Informasi ini disampaikan langsung oleh Airlangga Hartarto selaku Menteri Koordinator Perekonomian setelah selesai menghadiri BNI Investor Daily Summit 2023 di Hutan Kota Plataran GBK, Jakarta Pusat, Selasa (24/10).

"Ada bantuan langsung tunai untuk El Nino. BLT ini lagi kita matangkan dengan Menteri Keuangan (Sri Mulyani). Para Penerimanya nantinya merupakan kelompok masyarakat yang menerima PKH," kata Airlangga.

Hal senada juga disampaikan langsung oleh Sri Mulyani. Ia mengatakan jumlah KPM akan diambil dari dara Kemensos. Ia menambahkan kembali bahwa saat ini Menteri Sosial Tri Rismaharini dan jajaran sudah punya nama, alamat, hingga nomor akunnya sehingga tidak perlu mencari calon penerima baru.

"Sama seperti pandemi, masyarakat tidak bisa jualan karena ada pembatasan. Kita berikan BLT karena trigger El Nino kepada 18,8 juta KPM. Mereka akan memperoleh Rp200 ribu per bulan untuk November 2023-Desember 2023 demi menambah daya beli mereka," jelasnya dalam Konferensi Pers APBN KiTA, di Kemenkeu, Jakarta Pusat, Rabu (25/10).

Sebagai informasi tambahan, bahwa bantuan nanti diberikan kepada masyarakat miskin yang namanya sudah terdaftar sebagai penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH).

Cara Mudah Cek Penerima Yang Berhak Mendapatkan BLT El Nino

Perlu juga diketahui bahwa terdapat dua cara yang bisa dipakai. Pertama, melalui laman Kemensos dan melalui aplikasi Cek Bansos.

Melalui Laman Kemensos 

Begini caranya:

1. Silakan kunjungi laman resmi Kemensos di cekbansos.kemensos.go.id.

2. Setelah itu masukkan provinsi, kabupaten, kecamatan, dan juga desa/kelurahan.

3. Kemudian masukkan nama calon penerima manfaat sesuai yang tertera KTP.

4. Masukkan 4 huruf kode unik yang tertera di kotak kode.

5. Apabila kode huruf kode yang ditampilkan kurang jelas, silakan klik ikon refresh agar bisa mendapatkan huruf kode baru.

6. Klik tombol "CARI DATA". Sistem Cek Bansos Kemensos akan mencari nama penerima manfaat sesuai data yang diinput.

Melalui Aplikasi Cek Bansos

Begini caranya:

1. Silakan kalian download terlebih dahulu aplikasi Cek Bansos yang dirilis Kemensos di Play Store.

2. Kemudian buat akun baru dengan cara mengisi semua kolom data diri yang disediakan.

3. Setelah itu kalian diwajibkan untuk melampirkan swafoto, serta foto KTP. Data kemudian akan diverifikasi oleh Kemensos.

4. Jika data yang kalian masukkan berhasil diverifikasi, langkah berikutnya klik login dan masukkan username, serta password.

5. Pilih menu Cek Bansos dalam aplikasi itu dan lengkapi data.

6. Klik Cari Data.

Demikian informasi singkat tentang cara cek daftar penerima BLT EL Nino Rp400.000. Semoga bermanfaat.***

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS