Alhamdulillah! Bansos PKH Tahap 4 dan BPNT Tahap 5 Akan Cair Serentak di Tanggal Ini, KPM Bisa Dapat Uang Dobel Gratis

BagiNews.id - Pada artikel ini kita akan membahas tentang pencairan bansos PKH (Program Keluarga Harapan) tahap 4 dan BPNT (Bansos Pangan Non Tunai) tahap 5 akan cair secara serentak ditanggal ini. 

Menariknya lagi, para Keluarga Penerima Manfaat akan mendapatkan bantuan PKH dan BPNT dari Pemerintah secara dobel. 

Pada periode September-Oktober 2023, Bansos PKH tahap 4 dan BPNT tahap 5 akan disalurkan kepada para KPM yang saat ini memegang kartu KKS Merah Putih. 

Hal tersebut didasarkan pada perubahan status periode salur di akun Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS-NG).

Saat ini terpantau sudah ada perubahan periode salur dari Juli-Agustus ke September-Oktober. Hal tersebut baru untuk pencairan BPNT, terpantau pada Sabtu 23 Oktober periode salur untuk PKH juga sudah berubah ke September-Oktober 2023.  

Jadi bisa disimpulkan bahwa, proses pencairan PKH tahap 4 maupun BPNT tahap 5 lewat KKS Bank Himbara ini sudah semakin dekat.

Sama seperti tahapan sebelumnya dimana pemerintah pada akan melakukan mencairkan bantuan sosial PKH dan BPNT secara serentak. 

Otomatis para KPM PKH dan BPNT akan memperoleh uang dobel secara gratis dari pemerintah. 

Meskipun saat ini terpantau di SIKS-NG bantuan BPNT tahap 5 sudah muncul keterangan ‘verifikasi rekening’.

Seperti diketahui ada beberapa tahapan yang dilakukan oleh Kemensos RI. Jika sudah pada tahap verifikasi rekening, maka saat ini pihak perbankan sedang memproses pencocokan data para KPM di perbankan, dukcapil dan DTKS. 

Apabila dinyatakan cocok dan padan, selanjutnya akan muncul keterangan ‘Berhasil Cek Rekening’ dan akan berlanjut ke tahap selanjutnya yaitu SPM dan SP2D.

Jadi dapat dipastikan kemungkinan besar pencairan bansos PKH maupun BPNT akan dicairkan oleh Pemerintah paling cepat akhir bulan Oktober atau paling lambat pada bulan November 2023 mendatang.

Hal ini karena proses verifikasi rekening para KPM juga membutuhkan waktu lebih kurang 7 hari sebelum akhirnya diterbitkan SPM dan SP2D.

Jadi berdoa saja bahwa, bantuan BPNT tahap 5 Rp400.000 cepat segera masuk ke rekening para KPM. 

Agar lebih mengetahui proses pencairan bantuan, para KPM bisa melakukan pengecekan di laman resmi Kemensos di cekbansos.kemensos.go.id, atau bertanya pada pendamping di daerah masing-masing.

Cara Cek Penerima PKH dan Bansos BPNT 2023 Secara Online 

• Silakan Kunjungi laman resmi Kemensos di: https://cekbansos.kemensos.go.id/.

• Kemudian pilih provinsi, kabupaten/kota, dan kecamatan sesuai dengan informasi di KTP.

• Masukkan nama sesuai yang tertera di KTP.

• Kemudian ketik 4 huruf kode yang tertera dalam kotak kode. Jika huruf kode kurang jelas, klik icon untuk mendapatkan huruf kode baru

• Klik tombol "CARI DATA"

Note: Setelah itu sistem Cek Bansos Kemensos secara otomatis akan mencari Nama PM (Penerima Manfaat) sesuai Wilayah yang Anda inputkan tadi.

Sebagai informasi tambahan bantuan BPNT tahun 2023 akan disalurkan kepada 18,8 juta KPM untuk alokasi bantuan sebesar Rp2.400.000 per tahunnya.

Bantuan disalurkan dalam 2 tahapan dan mekanisme penyaluran yakni melalui PT Pos dan Bank Himbara.

Untuk pencairan lewat PT Pos Indonesia, bantuan BPNT disalurkan untuk 3 bulan di 83 daerah.

Dan untuk KPM yang cair lewat KKS Bank himbara bantuan BPNT disalurkan untuk 2 bulan di 431 daerah di Indonesia.***

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS