Wajib Tahu! Bulan Berapa Bansos PKH Tahap 3 2023 Akan Cair? Pemilik KTP yang Namanya Terdaftar di Link Ini Akan Dapat Rp750 Ribu

BagiNews.id - Setelah memasuki bulan Agustus 2023, KPM tentu menantikan kabar dan juga bertanya-tanya kapankah bansos PKH tahap 3 2023 akan cair dan KTP yang namanya terdaftar di link resmi akan mendapatkan Bantuan sebesar Rp750 ribu.

Perlu diketahui bahwa Pemerintah sampai saat ini masih akan tetap melakukan penyaluran bansos PKH tahap 3 2023 yang dimana proses pencairan bansos PKH tahap 3 ini diketahui akan dilanjutkan pada bulan Agustus 2023 mendatang.

Bansos Program Keluarga Harapan atau dikenal dengan bansos PKH 2023 merupakan salah satu bantuan reguler yang disalurkan oleh pemerintah kepada seluruh masyarakat miskin atau rentan miskin tanah air yang namanya sudah terdaftar di DTKS Kemensos. 

Dimana bantuan ini berupa uang tunai yang akan diberikan atau dicairkan kepada KPM per 3 bulan atau 4 tahap selama satu tahun.

Seperti yang sudah ditetapkan oleh Kemensos, dimana bansos PKH ini akan diberikan kepada masyarakat yang yang masuk tiga kategori. Tiga kategori ini diantaranya kategori pendidikan (siswa SD, SMP, dan SMA), kategori kesehatan (ibu hamil dan anak usia dini 0-6 tahun), dan kategori kesejahteraan (lansia dan penyandang disabilitas).

Bulan Berapa Bansos PKH Tahap 3 2023 Akan Cair?

Jika dilihat dari jadwal yang telah ditentukan oleh pihak Kemensos, maka bantuan PKH tahap 3 2023 akan segera cair atau disalurkan pada bulan Juli, Agustus, dan September 2023. 

Namun perlu ingat, bahwa proses pencairan bantuan PKH tahap 3 2023 ini tidak bisa dilakukan secara serentak.

$ads={2}

Agar bisa mengetahui kapan jadwal pencairan bansos PKH 2023, simak ulasan berikut ini.

• Tahap I: Januari, Februari, Maret 2023

• Tahap II: April, Mei, Juni 2023

• Tahap III: Juli, Agustus, September 2023

• Tahap IV: Oktober, November, Desember 2023

Kabar bahagia bagi masyarakat yang KTP-nya sudah terdaftar dan masuk kedalam kategori penerima bansos, sangat disarankan untuk kembali melakukan pengecekan status penerima secara berkala di link cekbansos.kemensos.go.id. 

Itu penting dilakukan oleh para penerima karena pihak Kemensos selaku orang yang bertanggung jawab dengan penyaluran bansos PKH akan selalu memperbaharui data penerima bansos.

Berikut ini merupakan cara cek KTP penerima bansos di link cekbansos.kemensos.go.id agar dapat memastikan bahwa masyarakat terdaftar sebagai penerima bansos dan akan mendapatkan BLT hingga Rp 750 ribu.

Cara Cek Penerima PKH Tahap 3 2023

1. Pertama, Siapkan KTP aktif 

2. Akses link resmi dari Kemensos yang beralamat di cekbansos.kemensos.go.id

3. Isi wilayah penerima manfaat sesuai yang ada di layar, data harus sama dengan KTP

4. Masukan juga nama lengkap penerima sesuai KTP

5. Isi kode unik yang tertera atau kode captcha pada kotak yang telah disediakan

6. Klik ‘Cari Data’

7. Selesai.

Apabila KTP dari penerima bansos masih terdaftar di link resmi Kemensos yang beralamat di cekbansos.kemensos.go.id, otomatis akan muncul di layar status masyarakat, jenis bansos yang diterima dan periode pencairan bansos.

Berikut Ini Besaran Dana PKH Tahap 3 2023

1. Kategori ibu hamil: Rp750 ribu per tahap

2. Kategori anak usia dini: Rp750 ribu per tahap

3. Kategori Penyandang Disabilitas: Rp600 ribu per tahap

4. Kategori Lanjut Usia (Lansia): Rp600 ribu per tahap

5. Kategori siswa SD: Rp225 ribu per tahap

6. Kategori siswa SMP: Rp375 ribu per tahap

7. Kategori siswa SMA: Rp500 ribu per tahap 

Demikian informasi singkat tentang kapan bansos PKH tahap 3 2023 akan cair di bulan dan KTP yang namanya terdaftar di link resmi ini akan mendapatkan Bantuan sebesar Rp750 ribu.***

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS