Segera Cek NIK Anda Disini! Ada BLT Rp1.500.000 Untuk 10 Juta KPM, Akan Cair Senin Ini

BagiNews.id - Untuk para KPM (Keluarga Penerima Manfaat) buruan cek NIK (Nomor Induk Kependudukan) disini! Karena akan ada BLT sebesar Rp1.500.000 akan cair Senin ini.

Pihak Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) sudah mulai menyalurkan bantuan sosial (bansos) agar bisa membantu ribuan keluarga diseluruh negeri.

Tepat pada pertengahan bulan September 2023 ini, sejumlah program bantuan sosial akan segera disalurkan oleh pemerintah untuk membantu meringankan beban masyarakat di tengah himpitan ekonomi yang masih melanda.

$ads={2}

Baca Juga: Berikut Ini 8 Penyebab Nama KPM Dihapus Dari Daftar Penerima Bansos PKH dan BPNT Tahun 2023

Program bantuan pemerintah yang akan disalurkan September 2023 ini meliputi Bansos BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) Sembako sebesar Rp200.000 per bulan, Bansos Atensi YAPI (Yatim Piatu), dan juga Bansos PKH (Program Keluarga Harapan), sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan pemerintah.

Semua bantuan pemerintah ini akan disalurkan dalam bentuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang kerjasama dengan PT Pos Indonesia, dan akan menyasar ke-81 daerah yang memiliki kendala atau akses sulit di seluruh Indonesia.

Bantuan yang disalurkan oleh Kemensos ini salah satu bentuk upaya Pemerintah untuk tetap terus memberikan dukungan finansial bagi seluruh masyarakat yang membutuhkan, dan juga bagi keluarga yang sangat terdampak secara ekonomi.

Sesuai informasi yang diperoleh, tepatnya pada Senin ini, Pemerintah akan menyalurkan Bansos PKH untuk termin (gelombang) ke-8 yang ditujukan kepada 10 juta penerima.

Perlu diketahui bahwa penyaluran pada termin ini lebih berfokus kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) susulan, yang sampai saat ini belum menerima bantuan PKH sejak termin pertama.

Penyaluran bansos PKH kali ini, dimana masing-masing keluarga akan menerima bantuan sesuai kategori dan status mereka, ada batas maksimal 3 penerima dalam satu keluarga yang berstatus kandung dengan pengurus.

Besaran bantuan yang diberikan juga bervariasi disemua kategori, di mana Lansia (Lanjut Usia) dan disabilitas akan mendapatkan bantuan sebesar Rp2.400.000 per tahun, sementara untuk ibu hamil dan balita akan menerima Rp3.000.000 per tahunnya.

Kategori Anak-anak sekolah akan menerima bantuan dengan besaran yang berbeda-beda. SD akan menerima bantuan sebesar Rp900.000, untuk SMP akan menerima Rp1.500.000, dan untuk SMA akan mendapatkan Rp2.000.000 per tahunnya.

Dan proses penyaluran bantuan pemerintah ini akan dilakukan melalui dua mekanisme, yakni melalui kantor Pos dan melalui ATM/Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Khusus penyaluran bansos melalui kantor Pos akan dibagi menjadi 4 tahap, sementara yang menerima melalui ATM/KKS akan dilakukan dalam 6 tahap. Para KPM yang berdomisili bantuan yang di daerah dengan akses mudah bisa langsung mengambilnya melalui ATM/KKS.

Dan untuk KPM yang tinggal di daerah akses sulit dijangkau perbankan, maka bisa mengambilnya dengan membawa undangan yang telah dibagikan oleh pihak kantor Pos pada hari pencairan serta membawa dokumen penting seperti fotocopi KTP. Dan harus disertai surat kuasa bermaterai Rp10.000 apabila si penerima ada kendala atau kesibukan dan melimpah pengambilan bantuan kepada orang lain.

Penting untuk diingat bahwa orang yang dikuasakan tersebut masih dalam anggota satu Kartu Keluarga (KK) dengan penerima bansos. Untuk jadwal pencairan secara langsung akan diberitahukan oleh pihak Pos satu hari sebelum pengambilan bantuan.

Perlu diketahui juga bahwa penerima bansos PKH 2023 merupakan KPM yang telah masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial (Kemensos).

Setelah nama KPM sudah terdaftar di DTKS Kemensos, maka syarat data diri, semuanya secara otomatis akan masuk di laman cekbansos.kemensos.go.id.

Bagi KPM penerima bantuan sosial PKH tyang ingin memastikan apakah namanya terdaftar atau tidak sebagai penerima, bisa langsung mengecek namanya secara online melalui situs cekbansos.kemensos.go.id.

Cara Cek Penerima Bansos 2023 Secara Online 

• Silakan Kunjungi laman resmi Kemensos di: https://cekbansos.kemensos.go.id/.

• Kemudian pilih provinsi, kabupaten/kota, dan kecamatan sesuai dengan informasi di KTP.

• Masukkan nama sesuai yang tertera di KTP.

• Kemudian ketik 4 huruf kode yang tertera dalam kotak kode. Jika huruf kode kurang jelas, klik icon untuk mendapatkan huruf kode baru

• Klik tombol "CARI DATA"

Note :

Setelah itu sistem Cek Bansos Kemensos secara otomatis akan mencari Nama PM (Penerima Manfaat) sesuai Wilayah yang Anda inputkan tadi.

Demikian informasi singkat tentang bantuan langsung tunai sebesar Rp1.500.000 untuk 10 juta KPM, akan cair senin ini. Semoga informasi ini bermanfaat.***

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Posting Komentar untuk "Segera Cek NIK Anda Disini! Ada BLT Rp1.500.000 Untuk 10 Juta KPM, Akan Cair Senin Ini"